Pembangunan merupakan program berkesinambungan pemerintah dengan tujuan untuk meningkatkan berbagai sektor dan potensi di setiap daerah. Dalam mewujudkan pembangunan yang baik maka setiap pengambilan keputusan harus mengacu kepada data dan informasi pendukung yang valid dan akurat. Untuk memudahkan pengelolaan data tersebut diperlukan sistem informasi yang mampu mendukung proses monitoring dan evaluasi hasil pembangunaan dari waktu ke waktu.

Sistem informasi DATAKU merupakan alat bantu yang dimiliki oleh Bappeda DIY sebagai upaya untuk memfasilitasi pengadaan, pengelolaan, dan menjaga konsistensi data pembangunan. Data-data itulah yang digunakan oleh pemerintah sebagai salah satu dasar penyusunan perencanaan pembangunan. Seiring dengan semakin banyaknya tuntutan untuk menyediakan pelayanan yang lebih maksimal, Balai Statistik Daerah (BSD) Bappeda DIY terus berusaha melakukan pengembangan aplikasi DATAKU agar memiliki fitur dan teknologi yang lengkap.

 

 

Dengan pengembangan terbaru pada aplikasi DATAKU, Bappeda DIY berharap dapat mewujudkan pelayanan yang lebih maksimal dari pemerintah kepada masyarakat. Aplikasi DATAKU mampu memfasilitasi penyediaan data-data yang dibutuhkan oleh berbagai sektor secara lebih lengkap, valid dan juga lebih cepat. Pengembangan ini meliputi pembuatan teknologi Integrated Auto Chart.

Selain itu, aplikasi DATAKU memiliki tingkat akurasi dan konsistensi data yang lebih tinggi dalam menampilkan hasil query data. Di dalam aplikasi disediakan data dan informasi terbaru yang lebih lengkap sehingga mampu menampilkan dinamika yang terjadi di kabupaten/kota dan tentu saja mencari solusi pengendaliannya. Tidak hanya pemerintah saja, namun masyarakat pun dapat dengan mudah mengakses aplikasi ini. Aplikasi DATAKU dikembangkan ke dalam berbagai perangkat, baik berbasis web maupun aplikasi di smartphone.

Dengan adanya pengembangan aplikasi DATAKU, diharapkan terwujud pelayanan publik yang lebih berkualitas dari pemerintah kepada masyarakat, serta mampu mendukung proses pengelolaan data yang lebih baik di dalam manajemen. Dengan pengelolaan dan pelayanan yang baik maka akan mendukung keberhasilan pembangunan dalam negeri. Hal ini sesuai dengan misi JMC IT Consultant untuk membangun Indonesia melalui teknologi.