Beban kerja yang terlalu berat dan rutinitas sehari-hari yang monoton menimbulkan berbagai dampak buruk bagi pekerja. Stress merupakan salah satu dampak yang sering dirasakan, baik stress secara fisik maupun psikis yang meliputi timbulnya berbagai reaksi emosional. Gejala stress yang sering timbul adalah sakit kepala, gangguan pencernaan, letih dan lesu, serta emosi yang meluap-luap atau mudah marah.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi stress kerja, diantaranya adalah melakukan kegiatan wisata. Menyadari pentingnya refreshing sebagai bentuk pencegahan stress, JMC IT Consultant mengawali tahun baru 2018 ini dengan mengadakan kegiatan yang bertajuk Gathering Fun Touring yang mengambil lokasi di Pantai Watu Kodok, Kabupaten Gunung Kidul. Kegiatan touring ini merupakan salah satu agenda memperingati hari jadi kesembilan JMC IT Consultant dengan tujuan untuk melepas penat dan menjalin keakraban dengan seluruh karyawan.

Touring dilakukan pada hari Senin (08/01/2018) dengan mengambil titik start di Kantor JMC IT Consultant, Jalan Prapanca no 6, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul. Iringan motor dan mobil mulai berangkat sekitar pukul 07.00 WIB dan menempuh waktu hampir 2 jam untuk sampai ke lokasi Pantai Watu Kodok. Perjalanan berlangsung dengan lancar karena seluruh peserta melakukan safety riding dan menaati setiap peraturan lalu lintas supaya selamat sampai tujuan.

Cuaca siang itu cerah dan cenderung panas di pantai, namun tidak menyurutkan semangat peserta untuk mengikuti seluruh kegiatan yang telah disiapkan oleh panitia. Setelah acara pembukaan dan berfoto bersama, diadakan pembagian tim untuk mengikuti berbagai lomba, seperti: memasukkan bola dalam keranjang, voli pantai, membangun kreasi bangunan dari pasir pantai, dan terakhir adalah finding balon. Setelah perlombaan selesai, peserta diperbolehkan melakukan acara bebas, kemudian dilanjutkan dengan menikmati kelapa muda di atas tebing serta pembagian doorprize dan hadiah oleh panitia.

 

 

Acara ditutup dengan pembacaan doa dan berfoto bersama. Rombongan peserta bergerak pulang sekitar pukul 17.00 WIB dan kembali sampai kantor dengan selamat meskipun sempat diwarnai dengan hujan di sepanjang perjalanan. Wajah yang memerah akibat sinar matahari menghiasi raut kegembiraan di wajah setiap peserta. Harapan para peserta adalah supaya acara refreshing semacam touring ini bisa menjadi agenda rutin untuk membantu melepas penat.

Semoga dengan diadakannya kegiatan wisata alam ini dapat membangkitkan kembali semangat para karyawan untuk mengembangkan ide dan menciptakan inovasi baru. Selain itu diharapkan keakraban antar karyawan dapat terus terjaga sehingga mampu menjalin kerja sama yang solid di dalam maupun antar departemen di JMC IT Consultant. Mari memulai tahun baru 2018 dengan membangun semangat baru dan melakukan kegiatan positif. Berkarya membangun Indonesia melalui teknologi bersama JMC IT Consultant.