Masyarakat pedesaan maupun masyarakat golongan ekonomi bawah membutuhkan bantuan modal dana untuk menjalankan bisnis mereka, baik berasal dari pemerintah maupun swasta. Menyadari adanya kebutuhan tersebut, pemerintah membentuk BUKP (Badan usaha Kredit Pedesaan) untuk membantu pertumbuhan ekonomi kerakyatan di pedesaan ataupun di wilayah kecamatan. Dengan proses pengajuan modal yang mudah dan persyaratan yang tidak berbelit-belit, BUKP menjadi solusi terbaik bagi pengusaha mikro.

Demi meningkatkan kualitas tata kelola data keuangan BUKP maka Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset (DPPKA) DIY menjalin kerja sama dengan JMC IT Consultant untuk membangun Sistem Informasi Keuangan BUKP. Hadirnya sistem informasi ini akan memberi dampak positif berkelanjutan dalam proses monitoring dan evaluasi kinerja BUKP di DIY.

Pada hari Senin (05-02-2018) lalu telah terselenggara Bimbingan Teknis Sistem Informasi Keuangan BUKP yang bertempat di Ruang Aula DPPKA DIY dan dihadiri oleh peserta dari DPPKA dan BUKP seluruh kecamatan di DIY yang berjumlah sekitar 90 orang. Acara Bimtek ini diisi oleh Ririn Widyastuti, Lusia Pusvita, dan Gilang Rizky dari JMC IT Consultant. Di dalam acara Bimtek dijelaskan terperinci mengenai teknis penggunaan aplikasi.

 

 

Sistem Informasi Keuangan BUKP dapat diakses secara online dan telah memiliki tampilan yang user-friendly bagi semua platform. Melalui aplikasi ini, administrator dapat melakukan penelusuran informasi dan status serta mampu menampilkan grafik dan laporan yang dibutuhkan oleh pengambil keputusan. Untuk menghindari terjadinya kesalahan update data, data yang telah disimpan dapat dikunci agar tidak dapat dimodifikasi selain oleh administrator.

Melalui proses kelola data keuangan yang baik dari sisi perencanaan maupun realisasi, akan menghasilkan kinerja yang maksimal dalam BUKP. Semakin optimal kinerja BUKP maka akan berdampak positif terhadap peningkatan kualitas pelayanan bagi masyarakat. Dengan semakin banyaknya masyarakat yang mempercayakan pengelolaan keuangannya melalui BUKP maka akan tercipta keberhasilan kecamatan sebagai pusat pertumbuhan ekonomi kerakyatan. Mari membangun Indonesia melalui teknologi bersama JMC IT Consultant.