E-lapor merupakan aplikasi yang digagas oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) DIY bekerja sama dengan JMC IT Consultant, yang bertujuan untuk menampung aspirasi masyarakat guna menyampaikan laporan terkait permasalahan publik yang terjadi di wilayah DIY. Pembangunan aplikasi ini merupakan upaya Pemerintah DIY dalam meningkatkan kualitas pelayanan masyarakat dengan mekanisme bottom-up yaitu dari masyarakat kepada pemerintah.

Dalam rangka untuk memberikan bimbingan teknis aplikasi, maka Diskominfo DIY menggelar pertemuan dengan tema “Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Melalui Transparansi dan e-Lapor”. Pertemuan berlangsung pada hari Jumat (19-01-2018) bertempat di Ruang Aula Dinas Komunikasi dan Informatika DIY, Jalan Brigjen Katamso, dan dihadiri oleh perwakilan dari OPD di wilayah Pemerintah DIY.

Dalam Bimbingan teknis aplikasi e-Lapor, tim dari JMC IT Consultant menjelaskan terkait maksud dan tujuan pembangunan serta fitur-fitur dan kelebihan aplikasi. Aplikasi e-Lapor saat ini telah selesai dibuat dan dapat diunduh masyarakat melalui smartphone, baik Android maupun IOs. Setelah mengunduh aplikasi, masyarakat dapat membuat akun baru ataupun login menggunakan akun Facebook /email dan mulai membuat laporan.

 

 

Di dalam aplikasi e-Lapor, masyarakat tidak hanya dapat melihat laporan yang dibuatnya sendiri namun juga dapat melihat laporan yang berasal dari orang lain. Ketika terdapat laporan, OPD yang terkait akan mendapatkan notifikasi dan mampu memberikan respon secara cepat.  Masyarakat mampu memantau perkembangan laporan tersebut dan mengukur bagaimana kualitas pelayanan yang diberikan Pemerintah.

Dalam segi pengaturan data-data laporan, aplikasi e-Lapor juga memiliki banyak kemudahan. OPD mampu memantau perkembangan jumlah laporan yang sudah diberi respon maupun yang belum. Laporan yang tersaji pun telah dikategorikan menurut jenis laporan dan otomatis akan menentukan mana OPD yang terkait sehingga setiap laporan yang masuk dapat diorganisir dengan baik.

Peran serta masyarakat sangat menentukan perkembangan proses pembangunan. Semoga dengan dibangunnya aplikasi e-Lapor akan mampu menjadi wadah aspirasi dan penyambung lidah dari masyarakat kepada pemerintah. Dengan semakin mudahnya masyarakat menyampaikan aspirasi maka pemerintah akan semakin cepat menangani setiap permasalahan dan akhirnya dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik.