Agenda

Rapat Paparan Prototipe Sistem Informasi Pemugaran Warisan Budaya dan Cagar Budaya

 

Telah diberitakan sebelumnya bahwa Dinas Kebudayaan DIY bekerja sama dengan JMC IT Consultant saat ini sedang melakukan pembangunan Sistem Informasi Pemugaran Warisan Budaya dan Cagar Budaya. Pembuatan sistem informasi ini dilatar belakangi oleh banyaknya jumlah peninggalan budaya yang tersebar di seluruh wilayah DIY, sehingga dibutuhkan sistem database yang mampu menampung segala bentuk informasi terkait peninggalan tersebut.

Pelestarian kebudayaan merupakan bentuk penghormatan terhadap warisan leluhur. Sebagai generasi penerus, sudah menjadi tanggung jawab kita bersama untuk menjaga tradisi dan warisan budaya yang telah diwariskan turun temurun. Salah satu upayanya adalah dengan pengelolaan data dan monitoring status..

Warisan budaya dan cagar budaya di Yogyakarta memiliki potensi untuk meningkatkan kunjungan wisatawan yang pada akhirnya akan memberikan kontribusi positif terhadap penerimaan daerah. Sejumlah situs warisan budaya di Yogyakarta sendiri membutuhkan perhatian lebih terkait umur bangunan yang rentan akan kerusakan. Untuk itulah perlunya sistem informasi pemugaran warisan budaya dan cagar budaya yang baik, sehingga dapat diketahui daftar warisan budaya dan status pemeliharaannya. Dengan demikian bukan hanya mampu melestarikan peninggalan leluhur, namun pemeliharan warisan budaya juga akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

Pembangunan sistem terus dirampungkan secara bertahap. Rapat lanjutan untuk membahas progres pembangunan sistem informasi tersebut telah dilakukan kembali bertempat di Ruang Rapat Dinas Kebudayaan DIY. Pertemuan tersebut dihadiri oleh staff dari Dinas Kebudayaan. Pertemuan di pagi hari tersebut membahas mengenai prototipe sistem. Rapat koordinasi ini bertujuan untuk menunjukkan seperti apa nantinya tampilan aplikasi dan untuk memastikan apakah sudah sesuai dengan kebutuhan dari klien. Setelah melalui tahap ini maka tahap pembangunan aplikasi selanjutnya bisa segera dilakukan.