Agenda

Rapat Koordinasi Penyusunan Aplikasi Layanan Pengaduan Online

Peran serta dan kepedulian masyarakat dalam pemerintahan dan pelayanan publik akan membantu mendukung keberhasilan pembangunan bangsa. Informasi yang diberikan masyarakat akan menjadi bahan bagi pemerintah untuk mengambil tindakan dalam mengatasi permasalahan-permasalahan yang ada di masyarakat. Lalu bagaimana pemerintah mendapatkan informasi tersebut?

Hingga saat ini penyampaian keluhan masyarakat dinilai masih belum optimal, oleh sebab itu  pemerintah mencoba berbagai cara guna meningkatkan partisipasi publik. Seiring perkembangan yang semakin pesat, teknologi menjadi solusi bagi pemerintah dalam mengatasi permasalahan tersebut. Pemanfaatan teknologi melalui aplikasi merupakan bentuk fasilitasi kepada masyarakat yang saat ini sangat aktif di dunia maya. Salah satu yang akan dikembangkan oleh Pemerintah DIY adalah aplikasi pengaduan online. Dengan menerapkan sistem pengaduan berbasis online, pemerintah DIY akan mampu mengakomodir seluruh keluhan masyarakat dengan lebih optimal.

Baru-baru ini, tepatnya pada hari Selasa (02/05/2017) bertempat di Ruang Rapat Kantor Pelayanan Perijinan Terpadu Satu Pintu (KP2TSP) DIY digelar rapat koordinasi guna membahas penyusunan aplikasi layanan pengaduan online. Dalam hal ini, JMC IT Consultant dipercaya oleh Pemerintah DIY untuk mengembangkan aplikasi tersebut. Rapat dihadiri oleh Bapak Suyata (Kepala KP2TSP) beserta pejabat struktural di KP2TSP DIY.

 

 

Peserta rapat membahas kebutuhan teknis aplikasi yang akan digunakan sebagai bahan analisis guna menghasilkan aplikasi terbaik. Selain itu dipaparkan pula mengenai manajemen pengerjaan aplikasi. Dalam diskusi hangat tersebut, terjalin kesepakatan mengenai cakupan pekerjaan dan jadwal pelaksanaan pekerjaan.

Dengan adanya aplikasi pengaduan online nantinya diharapkan penyampaian keluhan masyarakat dapat disalurkan dengan mudah. Tentu saja dibutuhkan sosialisasi terhadap masyarakat untuk mengenalkan aplikasi ini. Nantinya pemerintah pun dituntut untuk lebih responsif dalam menjawab seluruh keluhan masyarakat. Pada akhirnya semoga masyarakat dapat memanfaatkan aplikasi tersebut dan membantu DIY menjadi kawasan yang lebih baik, lebih tertib, dan lebih maju.