Pelatihan e-Planning dan e-Musrenbang Kabupaten Kuningan

Kabupaten Kuningan, sebuah kabupaten di kaki gunung tertinggi di Jawa Barat, melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) mulai mempersiapkan Perencanaan tahun 2020 dengan melaksanakan pelatihan dan simulasi aplikasi e-Planning atau disebut juga Kuningan SIP (Sistem Informasi Perencaan) di penghujung tahun 2018 ini. Kuningan SIP merupakan aplikasi yang berfungsi untuk membantu Pemerintah Daerah dalam mengelola data perencanaan pembangunan daerah agar dapat terselesaikan dengan mudah, cepat, tepat dan sesuai dengan arahan yang terkandung dalam Permendagri Nomor 86 Tahun 2017 dan UU Nomor 23 Tahun 2014.

Pada hari pertama, kegiatan dilaksanakan bagi internal Bappeda Kabupaten Kuningan sendiri untuk memperdalam penguasaan dalam mengelola aplikasi dengan didampingi oleh JMC IT Consultant sebagai narasumber. Untuk Bappeda sendiri, aplikasi dibagi menjadi 3 (tiga) level pengguna yaitu: Admin, Operator, dan Bidang Bappeda. Kegiatan pada hari pertama dihadiri oleh Plt. Kepala Badan beserta Kepala Bidang, Kepala Sub Bagian/Kepala Sub Bidang, dan beberapa staff terkait.

Selanjutnya, pada hari kedua, Bappeda Kabupaten Kuningan mengundang seluruh Perangkat Daerah (PD) di Kabupaten Kuningan untuk melakukan simulasi aplikasi Kuningan SIP. Hadirnya aplikasi Kuningan SIP disambut dengan antusias oleh seluruh PD dengan harapan aplikasi dapat mempermudah kinerja tim perencana pada setiap PD.

 

 

Tidak hanya aplikasi Kuningan SIP, pada hari kedua, Bappeda Kabupaten Kuningan juga turut mengundang perwakilan dari masing-masing kecamatan yang ada di Kabupaten kuningan untuk ikut serta dalam pelatihan aplikasi e-Musrenbang. E-Musrenbang merupakan sebuah aplikasi berbasis web yang dapat membantu pemerintah daerah dalam proses musyawarah perencanaan pembangunan. Pelatihan e-Musrenbang diawali dengan penjelasan alur dan demo aplikasi oleh JMC IT Consulatant, kemudian dilanjutkan dengan sesi simulasi penggunaan aplikasi e-Musrenbang oleh masing-masing kecamatan.

Seluruh rangkaian kegiatan berjalan dengan lancar dan penuh antusiasme dari para peserta. Kegiatan ini terlaksana dengan satu tujuan, yaitu membangun Kabupaten Kuningan menjadi lebih baik. JMC IT Consultant turut bangga dapat ikut andil dalam menyukseskan tujuan tersebut dengan memberikan kontribusi positif bagi Kabupaten Kuningan.

Bersama JMC IT Consultant, mari membangun Indonesia melalui teknologi!