Agenda

Pelatihan E-Planning Kabupaten Pidie Jaya

 

Pidie Jaya merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Aceh yang terletak di belahan utara Bukit Barisan. Wilayah Kabupaten Pidie Jaya terletak di pesisir Selat Malaka dengan sektor perikanan sebagai potensi unggulan daerah, sehingga menjadikan sebagian besar masyarakatnya bermata pencaharian sebagai nelayan. Menyadari potensi daerah yang dimiliki, Pemerintah Kabupaten Pidie Jaya berupaya meningkatkan kesejehteraan masyarakat melalui penyelenggaraan pemerintahan yang baik.

Pada tahun 2017 ini Kabupaten Pidie Jaya menjalin kerja sama dengan JMC IT Consultant dalam pembangunan aplikasi e-Planning. Sekarang aplikasi ini telah selesai dibangun dan siap untuk digunakan. Pemerintah Kabupaten Pidie Jaya berharap dengan adanya aplikasi e-Planning, maka akan tercapai perencanaan pembangunan yang tepat sasaran sesuai dengan visi misi daerah dan sesuai dengan RPJMD. Dengan pembangunan yang baik maka akan berdampak dalam peningkatan kualitas pelayanan masyarakat.

Untuk memberikan sosialisasi aplikasi pada seluruh OPD Kabupaten Pidie Jaya maka dilaksanakan acara pelatihan. Acara pelatihan diadakan pada hari Rabu (13/12/2017) hingga Kamis (14/12/2017) bertempat di Ruang Rapat Bappeda Kabupaten Pidie Jaya. Acara pada hari pertama diikuti oleh perwakilan seluruh OPD di Kabupaten Pidie Jaya, sedangkan pelatihan di hari kedua dikhususkan bagi staff internal Bappeda, yaitu pengguna operator admin dan bidang mitra.

 

 

Pelatihan yang diberikan adalah seputar cara penggunaan aplikasi, fitur-fitur dalam aplikasi hingga dapat menghasilkan laporan yang dibutuhkan. Selain memberikan materi seputar aplikasi, juga dilakukan diskusi seputar implementasi sistem perencanaan yang sesuai dengan peraturan birokrasi. 

JMC IT Consultant berharap dengan penerapan aplikasi e-Planning dapat membantu Kabupaten Pidie Jaya mewujudkan pemerintahan yang transparan. E-Planning akan  menjadikan proses input data perencanaan menjadi lebih cepat dan efisien. E-Planning dapat diakses dimana saja dengan device apapun dan mampu menghasilkan laporan yang dibutuhkan bagi pemangku kebijakan. Aplikasi ini juga mampu menjaga kesesuaian RKPD dengan RPJMD dan memproteksi setiap OPD agar mengambil program kegiatan sesuai dengan bidang urusannya.