Koordinasi Pengembangan Aplikasi Jogjaplan

Terwujudnya Peningkatan Kemuliaan Martabat Manusia Jogja – Begitulah Visi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) di tahun ini. Pada prosesnya, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) DIY bekerja keras menyukseskan visi tersebut untuk membangun masyarakat DIY yang bermartabat melalui pembangunan yang berkelanjutan.

Seperti yang sudah banyak diketahui, DIY mempunyai suatu aplikasi perencanaan pembangunan yang disebut Jogjaplan. Jogjaplan sendiri telah lama menjadi alat bantu perencanaan pembangunan di DIY. Tidak jarang, gagasan dan inovasi baru bermunculan karena ditunjang dengan sistem informasi yang mumpuni. Tujuan utamanya hanya satu, yaitu memberikan manfaat bagi warga DIY dan memajukan DIY hingga waktu yang akan datang.

Tahun ini, genap 10 tahun Jogjaplan digunakan oleh Bappeda DIY dalam perencanaan pembangunan, dan setiap tahunnya selalu dilakukan pengembangan pada sistem informasi tersebut. Permasalahan pembangunan daerah yang semakin kompleks menuntut sistem perencanaan yang semakin andal, substansial dan mudah digunakan. Begitu pula di tahun 2019, pengembangan Jogjaplan terus digenjot untuk menyukseskan perencanaan pembangunan yang berkelanjutan atau dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Sustainable Development Goals (SDGs).

Belum lama ini, digelar pertemuan untuk koordinasi pengembangan Aplikasi Jogjaplan. Pertemuan yang dilakukan menjadi awal dimulainya perencanaan pembangunan DIY dengan standar baru. Dalam pertemuan tersebut, Kurniawan selaku Kepala Bidang Perencanaan Bappeda DIY menyatakan bahwa integrasi antar aplikasi di internal Bappeda DIY menjadi poin penting di dalam perencanaan pembangunan. Hal ini dimaksudkan agar tercipta keselarasan antar bidang dan menghasilkan rencana pembangunan daerah yang berkualitas.

Berbagai pihak bahu membahu membuka ruang untuk ide dan inovasi. Tidak hanya dari tim Perencanaan, tim Keistimewaan juga turut memberikan arahan. Dengan tetap mempertimbangkan user experience serta peraturan atau kebijakan baru di DIY, JMC IT Consultant menerima tantangan untuk menyempurnakan aplikasi Jogjaplan demi mewujudkan kemuliaan martabat manusia Jogja.

Bersama JMC IT Consultant, mari membangun Indonesia melalui teknologi!