Agenda

JANGAN SAMPAI KETINGGALAN! BIMBINGAN TEKNIS PERENCANAAN PEMBANGUNAN JAMAN NOW

 

Seperti kita ketahui, pada pertengahan tahun 2017 tepatnya pada tanggal 18 September, Menteri Dalam Negeri Bapak Tjahjo Kumolo menetapkan peraturan baru terkait dengan perencanaan pembangunan yaitu Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017 tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah; Tata Cara Evaluasi Rancangan Peraturan Daerah Tentang RPJPD dan RPJMD; Tata Cara Perubahan RPJPD, RPJMD, dan RKPD. Peraturan tersebut menggantikan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 54 Tahun 2010.

Perubahan regulasi tersebut tentu saja berdampak pada sistem perencanaan pembangunan khususnya bagi instansi dan aparatur pemerintahan yang mengemban tugas sebagai perencana. Dengan tingginya dinamika peraturan perundang-undangan khususnya dalam perencanaan, para perencana dituntut untuk dapat menjalankan tupoksinya sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Dengan kata lain, perencana tetap dituntut untuk selalu up-to-date dan memahami arahan peraturan baru sebagai landasan dalam melaksanakan perencanaan pembangunan daerah.

Melihat kondisi kesibukan instansi dan aparatur pemerintahan untuk menghadapi penyesuaian tersebut, JMC IT Consultant menghadirkan sebuah solusi yaitu Bimbingan Teknis (Bimtek) dengan mengangkat tema PERENCANAAN PEMBANGUNAN JAMAN NOW dan judul Perkembangan Sistem Perencanaan Pembangunan dan Penerapannya Sesuai Dengan Permendagri Nomor 86 Tahun 2017. Bimtek yang akan diselenggarakan pada tanggal 7 sampai dengan 9 Mei 2018 mendatang berlokasi ditengah jantung kota Yogyakarta, tepatnya di Hotel Harper by Aston Jl. Mangkubumi.

Dalam kegiatan Bimtek tersebut, JMC IT Consultant menghadirkan nara sumber professional yang notabene adalah pakar dan praktisi dibidang Perencanaan, Prof. Ir. Achmad Djunaedi, MURP., Ph.D. Beliau adalah Guru Besar Universitas Gajah Mada Yogyakarta yang berkonsentrasi pada bidang Perencanaan sejak mengawali karirnya pada tahun 1977. Profesor yang menyelesaikan pendidikan di Texas A&M University tersebut juga pernah mengemban amanat sebagai Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) D.I. Yogyakarta. Selain Prof Djun (panggilan akrab Prof Achmad Djunaedi), JMC IT Consultant juga menghadirkan Bapak Kurniawan, S.Sos, S.E, M.Ec.Dev, Akt. yang juga seorang pakar dan praktisi dalam bidang Perencanaan. Pria kelahiran klaten ini memiliki andil besar dalam merancang aplikasi perencanaan untuk Bappeda DIY sejak tahun 2010 yang dikenal dengan nama Jogjaplan hingga dapat menghantarkan Bappeda DIY meraih juara Pangripta Nusantara.

Disamping nara sumber berkualitas, materi yang disajikan tentunya juga sangat menarik, mulai dari perkembangan sistem perencanaan di Indonesia dan perkembangan sistem informasi pendukung perencanaan atau biasa kita kenal dengan Planning Support System, sampai dengan mengupas perbedaan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 tahun 2017 dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 54 Tahun 2010. Selain materi dari sisi substansi perencanaan, pada kegiatan tersebut peserta juga akan berkesempatan melakukan simulasi penyusunan dokumen perencanaan menggunakan alat bantu berupa sistem informasi, yang pastinya akan membuat pekerjaan instansi dan tim perencana menjadi lebih cepat, akurat, efektif, dan efisien.

Dengan adanya kegiatan Bimbingan teknis Perencanaan Pembangunan Jaman Now, JMC IT Consultant Yogyakarta berharap dapat meningkatkan kualitas SDM tim Perencana Daerah yang ada di seluruh Indonesia, khusunya bagi peserta Bimtek. Hal ini dimaksudkan untuk lebih menajamkan pemahaman tim perencanaan terhadap perkembangan sistem perencanaan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku sebagai landasan dalam melaksanakan perencanaan pembangunan dengan lebih baik.